Pengaruh Kedisiplinan Karyawan Terhadap Kualitas Produksi


Kedisiplinan karyawan sangat berpengaruh terhadap kualitas produk yang dihasilkan. Kedisiplinan karyawan pekerja adalah salah satu bentuk sifat sadar diri seorang karyawan. Tentu saja kedisiplinan karyawan sangat berpengaruh terhadap kualitas produksi, karena hal tersebut berkaitan erat dengan hasil penjualan produk. Para komsumen menjadi salah satu penilai terbesar dalam kualitas produk. Tentunya konsumen tidak sungkan untuk memprotes segala kekurangan hasil produksi, apa lagi jika kesalahan itu berkaitan oleh karyawan yang bekerja dibagian produksi. Dan apabila karyawan tersebut melakukan kesalahan akibat kurang disiplin itu menjadi salah satu masalah besar karena hal tersebut mencerminkan sebagaimana perusahaan atau pabrik itu bekerja. Tentunya hal tersebut mencoreng nama baik perusahaan atau pabrik dengan ketidakdisiplinan para pekerjanya dalam menjalankan tugasnya. Saya akan membahas kedisiplinan karyawan yang mempengaruhi kualitas produk pada suatu perusahaan ternama di Indonesia yaitu, PT Jamu Sidomuncul. PT Jamu Sidomuncul adalah perusahaan yang telah meramaikan industri jamu di tanah air. Kiprahnya dalam memproduksi jamu berkualitas di Indonesia telah dikenal sejak lama dan telah diterima masyarakat secara luas.
Seperti yang kita ketahui kebutuhan manusia semakin banyak dan beragam. Banyak faktor yang mempengaruhi kebutuhan manusia sekarang ini. Pada zaman sekarang ini manusia semakin menuntut kebutuhan yang diperlukan agar cepat terpenuhi tanpa harus repot dalam mengurus segala sesuatu. Manusia memang diberikan karunia oleh Allah S.W.T untuk berpikir dan pengetahuan sehingga dapat memajukan kehidupan manusia menjadi lebih baik. Memang kemampuan ilmu setiap orang itu berbeda namun setiap orang takterkecuali dapat menciptakan sesuatu yang dapat dimanfaatkan untuk mempermudah proses kehidupan manusia. Memang tidak sesederhana yang dapat kita pikirkan, semua itu butuh proses dan ketrampilan. Dan jangan lupakan tentang kedisiplinan karena semua kegiatan membutuhkan kedisiplinan dan tingakat ketelitian yang tinggi. Yang paling penting dari semua itu adalah berani mencoba untuk gagal dan bangkit kembali untuk berhasil. Orang-orang hebat adalah orang yang berani mengalah untuk ilmu pengetahuan yang belum mereka ketahui untuk lebih berani menjelajah menemukan sesuatu yang baru untuk kehidupan umat manuia. Dan semua kerja keras itu tidak lepas atas keterkaitannya dengan karyawan-karyawan yang ikut membangun kesuksesan. Dan peran serta karyawan yang disiplin menjadi kunci utama dalam membangun kualitas produksi yang paling baik.
Tidak jarang bila sekarang ini teknologi yang segar mulai ditemukan dan akan segera mengirigi kehidupan manusia untuk memenuhi akan tuntutan-tuntutan kebutuhan yang mendesak ataupun tidak. Hal tersebut diadopsi oleh ilmu pegetahuan yang beragam dan sebenarnya sangat bermanfaat untuk kehidupan manusia. Dengan adanya perkembangan teknologi yang semakin pesat, saat ini dapat dengan mudah memenuhu beragam kebutuhan manusia tidak terkecuali masalah kesehatan. Banyak penemuan-penemuan yang menciptakan berbagai macam alat untuk membuat obat dengan praktis tanpa harus melakukan hal yang merepotkan atau dengan cara yang manual yang tidak luput dari tangan manusia. Namun itu juga tidak berarti jika seseorang membuat sesuatu dengan tidak memakai ketelitian dan ilmu. Apalagi jika kedisiplinan yang tidak ada akan memperburuk hasil yang akan diproduksi.
 Banyak sekarang ini pabrik-pabrik berteknologi canggih berkaitan erat dengan produksi yang dihasilkan. Pabrik modern sekarang ini sedang marak menggunakan mesin otomatis untuk memproduksi produk yang instan dan lebih cepat. Namu tidak semua pabrik modern sepenuhnya menggunakan mesin otomatis. Karena masih banyak pula pabrik-pabrik besar yang menggunakan tenaga manusia untuk membantu produksi suatu barang. Dan tidak jarang pula hasilnya lebih baik dan lebih murah daripada menggunakan mesin. Hal itu terjadi karena ketelitian karyawan dan kedisiplinan yang benar-benar dilatih.
Seperti yang kita ketahui PT Jamu Sidomuncul adalah salah satu pabrik ternama yang memproduksi beragam obat atau jamu di tanah air. PT Jamu Sidomuncul sebagai perusahaan jamu terdepan dibidangnya sudah tidak diragukan lagi kepiawaiannya dalam pengadaan produk-produk berbahan alam dan karyawan-karyawan yang konsisten dengan kedisiplinan yang ada. Laboratorium R&D-nya telah mengantongi sertifikat ISO 17000 yang merupakan Standarisasi dunia Internasional bahwa penelitian yang dilakukan di dalamnya mendapat pengakuan dan pengesahan dunia Internasional. Sido Muncul bahkan telah memperoleh sertifikat CPOB (Cara Pembuatan Obat yang Baik), yang biasa diberikan kepada perusahaan berstandard farmasi, disamping sertifikat CPOTB (Cara Pembuatan Obat Tradisional yang Baik) untuk perusahaan jamu yang memenuhi syarat. Penghargaan ICSA (Indonesian Customer Satisfaction Award) dan Best Brand Award yang berhasil diraih setiap tahunnya, membuktikan bahwa Sido Muncul selalu menjaga kualitas dan mengedepankan inovasi. Dengan terpilihnya PT Jamu Sidomuncul sebagai perusahaan teladan “Cara Baik Bung Hatta” pada tahun 2002 dan perusahaan penerima Kehati Award 2001 dengan kategori perusahaan peduli lingkungan semakin mengukuhkan bahwa PT Jamu Sidomuncul adalah perusahaan yang peduli dan berkomitmen. Karena itulah karyawannya dilatih untuk berkomitmen dengan perusahaan. Dengan segala peraturan dan kewajiban yang ada, agar hasil produksi kian hari kian  meningkat pada bidang kualitas. Dan semua itu tidaklah lepas dari peran para karyawaan yang terpercaya dan kemampuan yang benar-benar dipunya.
Sebenarnya PT Jamu Sidomuncul berawal dari sebuah industri rumah tangga pada tahun 1940, yang dikelola oleh Ibu Rahkmat Sulistio di Yogyakarta dan di bantu oleh tiga orang karyawannya. Namun karena karyawan tersebut ulet dan disiplin maka banyak permintaan terhadap kemasan jamu yang lebih praktis, hal tersebut yang mendorong beliau memproduksi jamu dalam bentuk praktis atau serbuk. Maka pada tahun 1951 di semarang didirikan perusahaan sederhana dengan nama Sidomuncul yang berarti “Impian yang terwujud” dengan lokasi di Jl. Mlaten Trenggulun. Dengan produk pertama dan andalan Jamu Tolak Angin, produk jamu buatah Ibu Rakmat mulai mendapat tempat di hati masyarakat sekitar dan permintaannyapun selalu meningkat. Dalam perkembangannya, pabrik yang terletak di JL. Mlaten Trenggulun ternyata tidak mampu lagi memenuhu kapasitas produksi yang berakibat permintaan pasar yang terus meningkat. Dan pada tahun 1984 pabrik dipindahkan ke lingkungan industri kecil di Jl. Kaligawe, Semarang.
Guna mengakomodir demand pasar yang terus bertambah, maka pabrik mulai dilengkapi dengan mesin-mesin modern, demikian pula jumlah karyawannya ditambah sesuai dengan kapasitas yang dibutuhkan ( kini jumlahnya mencapai lebih dari 2000 orang ).
Untuk mengantisipasi kemajuan dimasa datang, dirasa perlu untuk membangun unit pabrik yang lebih besar dan modern, maka di tahun 1997 diadakan peletakan batu pertama pembangunan pabrik baru di Klepu, Ungaran oleh Sri Sultan Hamengkubuwono ke-10 dan disaksikan Direktur Jenderal Pengawasan Obat dan Makanan saat itu, Drs. Wisnu Kaltim.
Pabrik baru yang berlokasi di Klepu, Kec. Bergas, Ungaran, dengan luas 29 ha tersebut diresmikan oleh Menteri Kesehatan dan Kesejahteraan Sosial Republik Indonesia, dr. Achmad Sujudi pada tanggal 11 November 2000. Saat peresmian pabrik, SidoMuncul sekaligus menerima dua sertifikat yaitu Cara Pembuatan Obat Tradisional yang Baik (CPOTB) dan Cara Pembuatan Obat yang Baik (CPOB) setara dengan farmasi, dan sertifikat inilah yang menjadikan PT. SidoMuncul sebagai satu-satunya pabrik jamu berstandar farmasi. Lokasi pabrik sendiri terdiri dari bangunan pabrik seluas 7 hektar, lahan Agrowisata ,1,5 hektar, dan sisanya menjadi kawasan pendukung lingkungan pabrik. Semua itu karena ketekaitan karyawan yang benar-benar mengutamakan kualitas agar kualitas bahan dapat menghasilkan produk yang baik pula.
Secara pasti PT. SidoMuncul bertekad untuk mengembangkan usaha di bidang jamu yang benar dan baik. Tekad ini membuat perusahaan menjadi lebih berkonsentrasi dan inovatif. Disamping itu diikuti dengan pemilihan serta penggunaan bahan baku yang benar, baik mengenai jenis, jumlah maupun kualitasnya akan menghasilkan jamu yang baik.
Untuk mewujudkan tekad tersebut, semua rencana pengeluaran produk baru selalu didahului oleh studi literatur maupun penelitian yang intensif, menyangkut keamanan, khasiat maupun sampling pasar. Untuk memberikan jaminan kualitas, setiap langkah produksi mulai dari barang datang , hingga produk sampai ke pasaran, dilakukan dibawah pengawasan mutu yang ketat. Seluruh karyawan juga bertekad untuk mengadakan perbaikan setiap saat, sehingga diharapkan semua yang dilakukan dapat lebih baik dari sebelumnya
. Sehingga para karyawan sangat diharapkan dapat mengontrol berbagai kegiatan yang ditugaskan. Dapat mengemban tugas dengan teliti dan akurat. Semua itu adalah bagian sejarah dari pabrik PT Jamu SidoMuncul yang sekarang ini dikenal oleh masyarakat luas. Yang menjadikan tumpuan kehidupan para kaaryawannya. Dan kedisiplinan harus tumbuh diantara karyawan karena produk yang dihasilkan untuk dikonsumsi oleh masyarakat.
Namun tidak jarang juga ada karyawan yang masih kurang disiplin atau melanggar peraturan yang ada. Tentu saja mereka selalu mengeluarkan alasan-alasan mereka sendiri. Misalnya saja ada salah satu karyawan yang terlambat dengan alasan kesiangan, hujan, macet, dan masih banyak lagi. Tentu saja perusahaan tidak mau tahu menau tentang hal itu. Yang dibutuhkan adalah kemampuan dan kedisiplinan karyawan agar dapat berkomitmen dalam bekerja. Satu orang saja terlambat dapat memperlambat produksi ataupun dapat terjadi kekosongan yang bahkan dapat mengakibatkan kesalahan produksi jika yang terlambat tersebut adalah orang pada bagian produksi. Hasil kualitas produksi pun dapat menurun akibat hal itu.
PT Jamu Sidomuncul juga dilengkapi ruang-ruang penelitian yang memadai untuk mendukung proses dan kualitas produk yang dihasilkan oleh pabrik dan layak serta bermanfaat jika dikonsumsi oleh konsumen. Tentu saja, terdapat orang yang benar-benar ahli pada bidang tersebut. Karena perusahaan ingin memberikan yang terbaik dengan adanya orang ahli yang terpercaya dan tentu saja berkomitmen untuk disiplin. Sehingga dapat menghasilkan produk yang berkualitas tinggi dari perusahaan lain, dan menjadi perusahaan yang unggul karena berkomitmen untuk disiplin dan stabil.
Terdapant juga gudang bahan baku yang menyimpan seratus limapuluh jenis simplisia atau bahan-bahan yang diambil dari alam, dan dapat menghasilkan 100 jenis produk. Jika karyawan bekerja dengan santai atau tidak terlalu memperhatikan dan asal-asalan, tentu saja karyawan itu termaksud karyawan yang tidak mengindahkan kedisiplinan demi kualitas produk yang akan dihasilkan. Jika ada karyawan yang tledor mengecek tanggal masuk barang bisa jadi bahan baku yang sudah tidak layak pakai malah dipakai untuk produksi karena ketledoran karyawan tersebut. Hal itu tertu saja sangat fatal jika beredar dimasyarakat luas. Maka sangat penting kedisipinan karyawan dalam perusahaan yang benar-benar membangun agar kualitas produksi tetap terjada dan bertambah baik dalam bidang ini.
Saat bahan baku disuplay terdapat para petugas yang mengawasi mutu atau tim cuality control yang bertugas untuk memastikan kebenaran bahan, kebersihan bahan, dan kadar air 10% dalam kondisi kering. Di gudang juga harus diperhatikan tingkat kelembabannya, lantai harus selalu bersih, bahan baku tidak boleh langsung berkenaan dengan lantai, dan juga setiap bahan baku diberi lebel (yang digunakan yang pertama datang). Apabila karyawan tidak mentaati semua itu, maka resiko yang ditimbulkan dapat mempengaruhi daya atau kualitas produk yang akan diolah dan dipasarkan kepada masyarakat. Dapat juga bahan baku menjadi rusak dan kurang layak pakai karena hal itu, dan semua ini kembali lagi kepada sifat atau kedisiplinan karyawan pada perusahaan. Tentu saja masyarakat membeli jamu agar dapat mempertahankan kekebalan tubuh dan selalu sehat, namun apabila karyawan lengah dan tidak mengindahkan kedisiplinan bukan hanya kualitas produk yang akan menurun kualitasnya namun juga pendapatan pabrik tersebut. Hal itu sangat disayangkan apabila hanya tersandung oleh satu karyawan yang tidak disiplin dapat membuat perusahaan gulungtikar akibat kualitas produksi yang tidak memenuhi standar.
 PT Jamu Sidomuncul sangat mengutamakan kebersihan dan kualitas produk yang dihasilkan. Oleh karena itu PT Jamu Sidomuncul memaksimalkan karyawan untuk selalu meminimalisir ketidak tertiban atau ketidakdisiplinan. Coba saja jika PT Jamu Sidomuncul kumuh ataupun tidak rapi karena karyawan yang kurang perduli atas peraturan tentang menjaga kebersihan dan kerapian pabrik. Sekilas saja pasti akan langsung berdampak pada pandangan masyarakat atas hal itu. Otomatis mereka akan memandang rendah kualitas pabrik PT Jamu Sidomuncul karena hal kebersihan. Dan dapat juga konsumen tidak percaya atas kualitas produk yang dihasilkan oleh PT Jamu Sidomuncul karena mereka sudah mengecap jelek atas kualitas dan para karyawan yang sama sekali tidak peduli atas lingkungan dan kebersihan. Itu hanya sebagian kecil dari akibat ketidakdisiplinan karyawan saat ini.
Karyawan memang sangat penting dalam kegiatan perindustrian, dalam pabrik PT Jamu Sidomuncul ini tidak hanya menggunakan mesin-mesin modern dalam kegiatan pabrik. Namun PT Jamu Sidomuncul juga menggunakan jasa para pekerja seperti untuk memasukkan kemasan kedalam kemasan yang lebih besar. PT Jamu Sidomuncul melakukan semua itu juga terdapat visi sosial, yaitu untuk membantu perekonomian masyarakat sekitar dengan memberikan lapangan pekerjaan bagi mereka yang mampu dan bersedia. Walaupun menggunakan tenaga manusia semua itu tetap evisien karena pada setiap harinya mendapat target-target tertentu yang harus dipenuhi tentunya. Apabila karyawan sedikit saja lengah akan membuang-buang waktu dan itu berarti mengecewakan konsumen atas efisiensi kualitas pekerja.
Tentu saja tenaga karyawan tidak hanya dalam proses pengemasan, namun juga ada yang bertugas sangat penting dalam menentukan pantas atau tidakkah suatu bahan tersebut mejadi bahan baku produksi untuk dijadikan jamu dan dipasarkan kepada masyarakat secara menyeluruh. Tentu saja PT Jamu Sidomuncul memilih orang yang benar-benar mempunyai kemampuan untuk meneliti kandungan apa saja yang ada pada bahan baku. Jika sedikit saja para pekerja ini tidak disiplin maka akan berdampak sangat besar bahkan dapat membahayakan nyawa para konsumen setianya. Untuk itu setiap pekerja harus dapat bekerja seevisien mungkin dan meminimalisir kesalahan-kesalahan yang disebabkan oleh masing-masing individu karena ketidakdisiplinan yang dilakukan.
Pada pabrik PT Jamu Sidomuncul juga melakukan penyortiran-penyortiran bahan baku secara teliti dengan menggunakan tenaga manusia. Karena dianggap lebih efektif daripada mesin. Disini tentu saja memerluka ketelitian para karyawan dalam menyortir bahan mana yang baik untuk produksi dan mana yang tidak layak untuk produksi perusahaan. Namun bukan hanya ketelitian saja yang diperlukan semua itu kembali lagi kepada kedisiplinan karyawan amat diperlukan. Dan di ruang penyortiranlah dilakukan kegiatan memilih bahan yang benar-benar berkualitas yang dapat dipakai. Karena itulah para karyawan tidak boleh lengah sedikitpun, baik pada bidang yang ditekuni ataupun tidak. Karena hal ini saling berkaitan dengan kualitas produksi barang. Sangat penting kedisiplinan karyawan dalam pekerjaan, terutama pada produksi-produksi yang dikonsumsi oleh konsumen yang membelinya. Jika ada satu orang saja yang tidak disiplin maka semua kegiatan produksi akan terganggu, bahkan dapat menurunkan tingkat kualitas produk yang dihasilkan atau malah berdampak yang kurang baik terhadap konsumen. Hal itu sanggat disayangkan apabila benar-benar terjadi. Karena bukan hanya pabrik yang merugi namun para konsumen juga ikut menanggung kesalahan pegawai akibat ketidakdisiplinan individual.
Namun, disamping  kekurangan-kekurangan atau akibat yang ditimbulkan apabila karyawan tidak disiplin ada halnya tentang kebalikannya. Jika karyawan dapat menjaga sikap dan memprioritaskan kedisiplinan, maka sebaliknya dampak negatif berubah menjadi disiplin. Karena jika semua karyawan disiplin dan mengindahkan semua peraturan yang dibuat, maka perusahaan atau pabrik tersebut akan berkembang pesat. Karyawan adalah kunci utama dari kesuksesan memproduksi produk. Dan untuk hal tersebut diperlukan tanggung jawab dan kualitas yang benar-benar dapat dipercaya. Tidak selamanya keberhasilan itu dapat diraih dengan mudah tanpa bantuan dari orang atau karyawan. Dan apabila kedisiplinan tersebut berlanjut terus menerus dan dengan didampingi dengan kualitas bahan baku yang benar-benar berkualitas terbaik, maka hasil produksi yang dihasilkanpun juga akan jauh lebih baik. Tentu saja dengan cara pengolahan yang baikpula. Jika kualitas produksi baik maka penjualan akan baik pula. Hal itu sangat baik jika terus menerus terjadi, kinerja karyawan pun juga akan lebih maksimal bila sudah terbiasa ditanamkan kedisiplinan dalam bekerja.
Dari observasi yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa sedikit saja kelalaian atau ketidakdisiplinan ahli gizi, farmasi, atau karyawan lain akan sangat bepengaruh dalam kualitas produksi. Karena setiap karyawan dibidangnya itu saling berkaitan berikut dan berikutnya. Namun apabila karyawan benar-benar disiplin dan mentaati semua peraturan maka hasil produksi akan berkualitas tinggi jika bahan baku yang digunakan juga berkualitas.


0 komentar:

Posting Komentar

 

Pageviews

Time

Buku Tamu

Doctor Who Seal of Rassilon